Kembali

Prosedur Pengajuan Keberatan

Prosedur Penyampaian Surat Keberatan Nasabah Simpanan Tidak Layak Bayar

  1. Nasabah menyampaikan surat keberatan kepada LPS
  2. LPS melakukan penelitian atas dokumen/ bukti yang disampaikan nasabah
  3. LPS mengusulkan reklasifikasi simpanan tidak layak dibayar menjadi simpanan layak dibayar apabila keberatan diterima
  4. Reklasifikasi status penjaminan ditetapkan oleh LPS

 

Surat keberatan nasabah memuat informasi, antara lain :

  1. Identitas nasabah (nama, alamat, pekerjaan dan nomor telepon)
  2. Jenis simpanan (tabungan/deposito/giro)
  3. Nomor rekening simpanan
  4. Nominal simpanan yang diajukan
  5. Penjelasan atau uraian atas keberatan yang diajukan oleh nasabah
  6. Permohonan nasabah atas keberatan yang diajukan oleh nasabah
  7. Surat ditandatangani oleh nasabah / penerima kuasa
  8. Dokumen pendukung lainnya yang dilampirkan bersama surat keberatan, antara lain :
  1. Fotokopi identitas diri nasabah (KTP/SIM/Paspor)
  2. Asli surat kuasa dan fotokopi identitas diri penerima kuasa apabila pengajuan keberatan diwakilkan
  3. Fotokopi bukti kepemilikan simpanan (buku tabungan/sertifikat deposito/bilyet giro)
  4. Fotokopi: bukti setor yang sah, bukti penerimaan bunga simpanan, bukti pemenuhan kewajiban nasabah, bukti bukan penyebab bank menjadi tidak sehat*

* dokumen pendukung pada huruf “d” tidak semua harus dilampirkan oleh nasabah, tetapi cukup yang sesuai dengan kasus keberatan yang diajukan.

 

Surat keberatan dikirimkan melalui pos dan ditujukan kepada:

Direktur Eksekutif Klaim dan Resolusi Bank LPS

 

Alamat surat :

Equity Tower lt. 20, SCBD lot 9,

Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Jakarta 12190